0

Turunkan Gula Darah Anda dengan Konsumsi Metformin dan Terapkan 5 Kebiasaan Sehat Ini!

Diabetes melitus menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang, apalagi di Indonesia sendiri jumlah penderita diabetes ini sangatlah tinggi, khususnya untuk orang-orang dewasa atau yang sudah berusia di atas 30 tahun. Resikonya tentu sangat tinggi, karena bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya, seperti diantaranya adalah jantung, ginjal dan juga gangguan pada sistem syaraf. Untuk itu jika seandainya sudah merasakan beberapa gejalanya seperti diantaranya adalah berdasarkan pemeriksaan kadar gula darah ternyata tinggi, sangat dianjurkan untuk segera menurunkan hal tersebut. Bisa dengan menggunakan obat-obatan oral layaknya metformin.

Obat yang satu ini memang memiliki fungsi utama adalah untuk menurunkan kadar gula darah, membuatnya tetap stabil, karena dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil maka sangatlah bagus di dalam mencegah resiko-resiko berbahaya seperti komplikasi dengan berlaga kondisi kesehatan yang lainnya. pemakaiannya sendiri biasanya dilakukan secara tunggal atau dengan mengkombinasikannya bersama obat anti diabetes dan juga insulin.

Hanya saja dalam pemakaian obat metformin ini sendiri harus sesuai dengan anjuran dokter, apalagi pada dosis pakainya, sehingga tidak menyebabkan efek yang membahayakan layaknya overdosis maupun ketergantungan. Selain dengan mengonsumsi obat-obatan semacam yang pastinya hanya akan turunkan kadar gula darah Anda sementara, jika tidak dikonsumsi lagi pastinya kadar gula darah akan langsung melonjak bukan, maka untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil dapat diimbangi dengan beberapa upaya berikut ini, yaitu:

  1. Olahraga secara teratur, manfaat dari olahraga memang tidak perlu diragukan lagi, ada begitu banyak untuk kesehatan, mulai diantaranya adalah untuk menjaga kebugaran tubuh, kemudian juga mencegah dari berbagai macam penyakit hingga menurunkan berat badan. Mereka yang kegemukan atau istilahnya adalah obesitas paling rentan mengalami diabetes melitus, karena insulin tidak bisa bekerja secara optimal dalam menurunkan tekanan darah, jika seandainya berat badan turun, maka kadar gula darah juga akan lebih mudah untuk dikontrol.
  2. Mengontrol asupan karbohidrat, karbo ini mengandung gula yang tinggi selain makanan atau minuman yang manis, untuk itu harus mengganti jenis karbo yang dikonsumsi, dari karbohidrat sederhana yang biasanya diperoleh dari nasi, diganti dengan karbohidrat kompleks layaknya berat merah, beras hitam maupun juga jagung dan gandum, namun tetap jumlahnya harus dibatasi.
  3. Memperbanyak makanan yang mengandung serat, seperti diantaranya adalah buah dan juga sayur, karena jika seandainya serat yang dikonsumsi banyak, maka membantu untuk mengoptimalkan penyerapan gula yang ada di dalam darah. Juga bagus untuk menjaga pencernaan agar tetap lancar.
  4. Perbanyak konsumsi air putih, hindari juga jenis minuman yang banyak dijual di pasaran seperti softdrink maupun yang memiliki rasa-rasa manis. Kecukupan air putih ini berfungsi untuk membantu ginjal dalam mengeluarkan gula yang ada dalam tubuh, karena nantinya dapat dibuang melalui urine.
  5. Mengontrol porsi makan, makan makanan secukupnya, jangan berlebihan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kalori sehari-hari, caranya adalah dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli gizi, selalu memeriksa label makanan dan ketahui kandungan gizinya, makanan secara perlahan jangan terburu-buru dan selalu memastikan timbangan porsi makanan Anda.

Coba terapkan alternatif di atas untuk jaga gula darah agar tetap stabil, sehingga nantinya Anda juga tak akan ketergantungan untuk konsumsi obat-obatan diabetes melitus seperti metformin ini secara terus menerus, untuk jaga kadar gula darah.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *