0

Cara Mudah Bersihkan Mobil di Masa Pandemi

Semakin tinggi aktivitas bepergian masyarakat di masa pandemi sekarang berpengaruh pada meningkatnya penjualan mobil bekas Jakarta. Alasannya karena banyak yang merasa lebih aman pergi dengan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Setidaknya bisa mengurangi intensitas kontak fisik dengan orang tidak dikenal selama perjalanan.

Namun untuk memaksimalka keamanan Anda dari ancaman virus, tentunya Anda juga harus memerhatikan kebersihan mobil tersebut. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan sabun khusus mobil.

Menggunakan sabun khusus untuk mobil dipercaya bisa membantu membersihkan bakteri dan virus yang terdapat di dalam maupun luar mobil. Untuk itulah, Anda disarankan menggunakannya ketika membersihkan mobil kesayangan Anda. Jika merasa kurang yakin dengan sabun mana yang akan Anda gunakan untuk membersihkannya, maka cobalah terlebih dahulu pada permukaan mobil yang tidak mudah terlihat.

2. Gunakan tisu disinfektan.

Jangan lupa membersihkan benda-benda yang sering tersentuh. Misalnya saja, setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio dan power, kaca spion, dan lain-lain. Ketika membersihkannya, sebaiknya gunakan tisu disinfektan untuk menghindari supaya permukaan maupun sistem elektonik mobil tidak rusak. Pastikan untuk tidak menggunakan produk pembersih berbahan dasar amoniak pada layar sentuh mobil Anda karena bisa mengurangi lapisan anti silau pada bagian layar tersebut.

3. Pakai pembersih yang tepat.

Saat membersihkan mobil, jangan sampai mengabaikan bagian karpet, jok mobil terutama jok baris pertama dan kedua. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkannya seperti pembersih khusus untuk benda berbahan kulit, sampo khusus jok, hingga tisu disinfektan yang tidak mengandung pemutih. Hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung pemutih, aseton, alkohol dan minyak tanah karena dapat merusak permukaan interior mobil.

4. Pakai sarung tangan.

Saat membersihkan mobil, pakailah sarung tangan sekali pakai untuk mencegah paparan virus. Dengan menggunakan sarung tangan ini, maka Anda bisa dengan aman mengambil sampah maupun tisu bekas yang biasanya tertinggal di dalam mobil. Selain itu, sarung tangan ini juga berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari risiko iritasi akibat cairan pembersih yang digunakan saat membersihkan mobil. Jika sudah membersihkannya, lepaskan sarung tangan tersebut dan buanglah langsung ke tempat sampah dan jangan lupa untuk cuci tangan.

Hal lain yang sebaiknya Anda lakukan adalah, mensterilkan mobil dengan pengasapan. Tentu saja, hal ini hanya boleh dilakukan oleh profesional agar aman dan juga berfungsi maksimal. Metode pengasapan sangat bermanfaat untuk membersihkan area sempit seperti sudut, yang sulit terjangkau dengan pembersihan secara manual.
Itulah dia tips-tips yang bisa Anda terapkan ketika membersihkan mobil. Lakukan setidaknya sebulan sekali untuk menjaga mobil tetap bersih. Kecuali untuk poin ke-2, Anda bisa membersihkan area yang disentuh lebih sering demi keamanan.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *